CARA MEMBUAT WEBSITE MENGGUNAKAN WORDPRESS (GRATIS)

cara membuat website wordpress, membuat wordpress, membuat website Jaman sekarang, kian banyak orang yang mencari informasi lewat internet.
Jika Anda seorang pemasar, agen properti, sales mobil, pengusaha, pegiat network marketing, ataupun pebisnis online, maka memiliki website lama-lama akan menjadi kebutuhan sebagai sarana promosi online.
Nah, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat website menggunakan WordPress di WordPress.com.
Mengapa saya memilih WordPress? Silahkan baca artikel ini:
Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa aplikasi WordPress mempunyai dua versi, yakni:
  1. WordPress Instan (WordPress.com)
  2. WordPress Instal (WordPress.org)
WordPress Instan bisa kita dapatkan dengan cara membuat akun di WordPress.com, sedangkan WordPress Instal bisa kita dapatkan dengan cara menginstal di hosting milik sendiri (self hosted).
Biasanya saya menyarankan pada klien website dan peserta pelatihan website privat untuk membiasakan diri dengan tampilan admin WordPress, dengan cara membuat blog di WordPress.com, supaya nanti mudah mengelola website WordPress self hosted mereka secara mandiri.
Dan saya juga menyarankan pada Anda, terutama yang ingin terjun di bisnis online dan yang masih minim pengetahuan tentang website, yakni pelajarilah cara membuat website menggunakan WordPress dengan mendaftar di akun WordPress.com dan sering-sering berlatih menggunakannya.
Mengapa..? Karena layanan WordPress.com ini gratis. Sedangkan WordPress self hosted mensyaratkan Anda harus memiliki domain dan hosting sendiri, yang tentu ada biayanya. Coba klik link berikut ini untuk mengetahui harganya.
Omong-omong, sahabat saya Handoko Tantra sudah membuat panduan berupa modul kursus WordPress terlengkap khusus pemula dalam bentuk video berkualitas HD dengan audio yang jernih. Dan jangan khawatir, semua pakai bahasa Indonesia. Nah, bila Anda berminat, Anda bisa klik gambar di bawah ini (aff) :
Tutorial WordPress Pemula
Oke, masih bersama saya? Mari kita lanjut ke topik utama..

CARA MEMBUAT WORDPRESS.COM

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1). Klik link ini >> www.WordPress.com. Setelah terbuka, klik tombol “Sign Up”.
2). Pilihlah nama blog Anda. Ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi blog WordPress.com Anda.
Catatan: Anda bisa melewati bagian ini, karena kita bisa memiliki akun WordPress.com saja tanpa harus memiliki blog.
3). Jika alamat blog yang Anda pilih tersedia, akan muncul tanda cek warna hijau.
4). Selanjutnya, pilih nama username yang Anda sukai. Ingat baik-baik, jangan sampai lupa. Karena username ini akan Anda gunakan untuk masuk ke area kontrol panel blog milik Anda.
5). Sekarang saatnya memasukkan password. Buatlah sedikit unik, yang kira-kira Anda selalu ingat namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.
6). Selanjutnya, tambahkan email untuk melengkapi registrasi. Jika Anda belum punya email, mohon buatlah email terlebih dahulu. Bisa di Yahoo, Google, atau yang lain. Tandai kotak kecil di bawah jika Anda ingin mendaftar ke newsletter WordPress.com untuk mendapatkan update terbaru.
7). Klik tombol “sign up”, dan WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja Anda daftarkan.
8). Nah, sekarang buka email yang tadi Anda gunakan untuk registrasi di WordPress.com. Klik link aktivasi di email Anda. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress, coba cari di folder spam atau bulk email. Ini contoh email yang dikirimkan oleh WordPress.
9). Jika belum berhasil, lakukan pendaftaran ulang seperti langkah-langkah di atas.
10). Nah, apabila akun Anda sudah aktif, maka akan muncul pesan seperti dibawah ini.
Ya, begitulah cara membuat website WordPress di WordPress.com secara singkat.
Ingat! Yang terpenting adalah Anda harus membuka email dan melakukan konfirmasi bahwa Anda telah mendaftar di WordPress.com (langkah no.8). Itu terpaksa saya cetak tebal karena di bagian ini orang sering terlewatkan atau bahkan lupa.

CARA MENGGUNAKAN WORDPRESS

Baiklah, selanjutnya mengenai bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa membaca tutorial singkat yang pernah saya buat pada artikel berikut ini dan download file panduan yang ada di dalam artikel:
Dan jika Anda sudah cukup mahir dan mulai terbiasa menggunakan WordPress, Anda bisa mulai membeli domain dan menginstal WordPress di hosting milik Anda sendiri. Panduan ini mungkin bisa membantu.
Oke, saya rasa itu dulu yang bisa sampaikan kali ini. Silahkan tinggalkan balasan atau beri tanggapan jika ada yang ingin disampaikan.
Dan apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, bantu saya dan bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, supaya lebih banyak orang yang bisa memanfaatkan teknologi internet dan membuat website untuk kebaikannya, dengan cara klik tombol share / like di bawah.
Semoga bermanfaat.
Have fun with WordPress..! :)
*Sumber gambar: learn.wordpress.com

BINCANG-BINCANG

    •  berkata
      Betul sekali, setuju lah kalo yang ini. Memang untuk keperluan bisnis, memakai hosting dan domain sendiri merupakan salah satu investasi yang harus dipersiapkan. Trims pendapatnya mas :)
  1.  berkata
    Sebenarnya saya sudah punya blog di wordpress mas, tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Selain itu, loadingnya juga lama banget, jadi bikin bete aja. :(
    Sampai saat ini blog wordpress saya masih nganggur, bingung mau di isi apa hehehe :D
    •  berkata
      Wah, saya udah liat blognya mbak Ririn. Keren banget, tutorial web nya komplit. Gaya bahasanya juga enak dibaca.
      Kalo soal wordpress, jika dirasa lambat diakses coba ganti pakai themes lain. Soal penggunaannya mungkin bisa download panduan “cara menggunakan wordpress” pada artikel lain di blog ini.
      Tapi menurut saya, mau pakai platform apapun sama saja, yang penting kita tahu cara penggunaannya dan bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif.
      Jangan kapok mampir kesini ya mbak.. :)
    •  berkata
      Hadir kembali mas ainur hehehe :D
      Wah terimakasih banyak ya atas responnya :)
      Sepertinya saya mau fokus mengelola satu blog dulu mas. Soalnya waktu untuk ngeblog sekarang terbatas dan juga blog saya semakin rame aja nich hehe :DBingung juga kalau mengelola blog banyak-banyak. Tapi nanti kalau ada waktu luang, saya akan mengelola blog wordpress saya. Thanks ya :)
    •  berkata
      Hehe, maka dari itu belajar mas. Pelan-pelan saja, nanti pasti juga bisa pakai WordPress. Pakai yang gratisan dulu, nanti kalau sudah agak paham mulai sewa hosting dan domain kemudian install WordPress self hosted. Yakin aja, pasti bisa.. :)
    •  berkata
      Alhamdulillah.. masih tahap belajar mas juragan.. semoga tips membuat website menggunakan WordPress gratisan ini bermanfaat.. :D
  2.  berkata
    makasih pak,,,info nya sangat membantu saya yang ingin belajar tentang wordpress. saat ini saya masih bergelut dengan blogspot.
    •  berkata
      Sama-sama mas, semoga bermanfaat. Pada prinsipnya sebenarnya sama saja. Blogspot dan WordPress sama-sama platform website / blog. Namun keduanya mempunyai karakteristik yang sedikit berbeda. Dan jika ingin memiliki website yang bisa di install di hosting sendiri, pilihannya ada di WordPress.
  3. Ningsih berkata
    Maaf mas.. mau tanya, nie saya lagi ubek-ubek masalah WordPress.
    Sudah saya coba sign up, kebetulan saya tidak punya alamat blog, jadi saya kosongi aja, tapi tidak bisa. Terus saya buka alamat link diatas, step-step nya sudah lain ya? Sudah coba 2x daftar, tidak kunjung berhasil.
    Adakah step yang kurang?
    •  berkata
      Kemungkinan email punya mba Ningsih yang tadinya dipakai untuk daftar layanan di WordPress.com sudah terdaftar di sana, jadi tidak bisa digunakan 2x.
      Saran saya, coba cek email yang kemarin dipakai buat daftar, kemudian cari email yang datang dari WordPress.com. Jika memang ada, bisa ikuti langkah-langkah yang ada pada email tersebut, karena biasanya begitu sudah daftar akan ada email lanjutan yang isinya mengharuskan kita melakukan konfirmasi bahwa kita baru saja melakukan pendaftaran di WordPress.com.
      Atau bisa juga langsung login ke WordPress.com menggunakan email tersebut. Barangkali kita sebenarnya sudah pernah melakukan konfirmasi tetapi lupa.
      Nah, kalau sudah bisa masuk, coba daftarkan alamat blog menggunakan nama yang kita inginkan.
      Semoga berhasil ya.. :)
    •  berkata
      Biasanya kalau ngga bisa daftar karena emailnya pernah digunakan untuk mendaftar sebelumnya.. Atau karena kita belum melakukan konfirmasi pendaftaran..
      Dicoba lagi aja gan..
      •  berkata
        Mas Aan saya ingin belajar pakai wordpress. Saya juga udah instal xampp, soalnya plugin banyak banget tapi saya masih bingung ngeposinya mas. Biasanya kan saya upload pakai filezilla dan hosting saya pke byethost. Gmn caranya ya mas?
  4.  berkata
    Mas ilmunya bermamfaat banget neh buat blogger newbie seperti saya, saya tunggu terus posting barunya lagi, makasih mas…
  5. idham berkata
    Asslmkm. Mas bro mau tanya klo udah punya web gratis di wordpress nanti kedepannya kalo kita mau berbayar domain lama masih bisa digunakan ngga, apa harus cari yang baru lagi? Mohon pencerahan….
    •  berkata
      Waalaikumsalam mas broo.. Kalo kita mau pakai domain berbayar, konten yang ada di situs wordpress.com (yg gratisan) bisa kita transfer kok, ada plugin-nya. Dan alamat yang wordpress.com nya masih bisa digunakan..
    •  berkata
      Betul pak, itu ide yang bagus. Pastinya kita akan punya kontrol yang lebih besar ketika menginstall WordPress di hosting sendiri. Bisa lebih mudah menambah aplikasi-aplikasi lain, dan juga lebih fleksibel kalau ingin mengganti themes yang kita sukai.
  6. erpan berkata
    trim ini sangat bermanfaat,,,,
    akan saya coba….
    mohon bantuannya untuk di kemudian hari….
  7.  berkata
    Terima kasih infonya om.. Saya akan coba buat wordpress karena sya pengen bisnis online jasa lukis wajah..
    •  berkata
      Wah, bagus banget itu! Bener-bener peluang bisnis yang amat sangat marketable. Hasil karyamu bisa dipakai buat foto dinding, foto avatar atau foto profil di akun social media, bahkan bisa dipakai buat wallpaper, dan masih banyak lagi.
      Kalau boleh saran, alangkah baiknya kalau nama domain diganti pakai domain sendiri, semisal artdrawingtino.com saja. Usahakan juga sewa hosting, bisa mulai dari space yang kecil dulu. Ketika membuat website, sebisa mungkin pakai themes yang bagus, atau bisa juga beli themes premium yang tata layout nya menonjolkan foto hasil karyamu. Kemudian bikin fanpage di Facebook dan bikin akun twitter.
      Nah, langkah selanjutnya upload karya-karyamu ke website dan share ke Facebook dan Twitter. Pasti akan punya efek viral yang hebat. Karena hari gini banyak orang yang mendadak narsis. Hehehe.. Betull..??
      Soal tarif, itu terserah kamu….. Sepanjang terjangkau oleh targat market mu, pasti banyak yang suka.
  8. PERDANA berkata
    Saya kepingin buat blog sob, tapi ketika klik sign up eror jadinya
    gimana caranya sob, minta petunjuk
    •  berkata
      Error gimana sob?? Kalau di WordPress.com sepanjang kita mengikuti alur pendaftarannya, insya Allah lancar lancar saja. Yang penting kita harus ingat email yang kita pakai apa..
  9. Edy Kurniawan (medyk) berkata
    Wah…sepertinya menarik juga pakai WordPress ya…saya jadi pengen pindah ke WordPress nih, soalnya saya pumya blog yang sudah berbulan2 tidak bisa di update…lama2 jengkel juga, jadi saya tidak bisa tambilkan foto poduct baru home industri saya, padahal pembeli dari luar kota & luar pulau sudah mulai banyak yang tertarik untuk membeli product saya…semoga WordPress bisa membantu saya…
    •  berkata
      Mantab.. Sudah bagus itu mas. Mungkin kalau mau dibuat lebih menarik lagi tampilannya, bisa pakai yang themes premium. Dan pastikan menu navigasi yang mau ditonjolkan bisa “terlihat” oleh pengunjung. Atau jika dirasa halaman homepage terlalu panjang, bisa dibatasi jumlah postingan yang tampil di depan, kemudian optimalkan bagian sidebar untuk menampilkan judul postingan artikel terbaru dan informasi-informasi lain.
  10. wah sangat bermanfaat sekali gan infonya.
    saya yakin bermanfaat juga buat orang-orang atau pengunjung yang sudah membacanya.
    thanks ya gan.
    update selalu dan semoga tambah sukses.
    mantap..!
    •  berkata
      Inggih, terima kasih mas gan atas apresiasinya. Semoga tips cara membuat website menggunakan WordPress ini bisa bermanfaat buat agan dan rekan-rekan yang lain..
      Sukses juga buat agan ya..
  11. mas mau nanya.. saya menjadikan wp saya sebagai private wp. lalu saya invite wp lain sbg viewer. apakah viewer ini hanya bisa melihat wp saya kalau klik invitation di email?
    apakah bisa si viewer ini login dan langsung masuk ke wp saya tanpa harus selalu mengklik email undangan?
    apakah salah jika saya berpikir, setelah saya sudah bisa mengundang satu acc wp sbg viewer kemudian si viewer seharusnya bisa login dgn username nya dia plus password wp saya supaya viewer ini langsung masuk ke wp saya?
    apakah ada caranya mas?
    mohon bantuannya mas. karena selama ini saya selalu stuck disini sehingga saya tidak bisa membuat viewer saya melihat wp saya. karena saya ingin wp saya bisa menjadi sebuah tools informasi bagi orang2 yang saya inginkan saja.
    need help pls…
    thank you
    •  berkata
      Coba cek email mbak, udah dapat email konfirmasi apa belum? Kalo sudah, konfirmasi dulu lalu baru bisa dapat akses ke Global Dashboard WordPress.com
    •  berkata
      Asalkan tampilan sudah support mobile browser, insya Allah mudah semua kok mas. Yang lagi tren sekarang adalah model responsive design. jadi tampilan website akan menyesuaikan browser yang dipakai oleh pengunjung..
  12. kan ada tulisan ini yah “Now Check Your E-mail to Complete Registration”
    terus dibawahnya “An e-mail has been sent to ParkHaneul@yahoo.co.id to activate your account. Check your inbox and click the link in the message. It should arrive within 30 minutes. If you do not activate your account within two days, you will have to sign up again.”
    terus diapain lagi yah?

TINGGALKAN BALASAN →